Tuesday, March 19, 2013

Hari Kelima: PUASA

PUASA adalah sebuah peralihan fokus belaka. Terlihat sangat sederhana, namun tidak semudah itu menjalaninya. 

Puasa bukan hanya sekedar penundaan waktu makan/minum, menahan nafsu apa pun untuk sepersekian jam, bukan, bukan hanya itu, tetapi Puasa adalah peralihan fokus! Puasa adalah pemberian diri (moga bukan pembiaran diri) Dalam menjalani kehidupan rutinitas kita, maka fokus kita adalah diri kita, si AKU ini. Apakah itu? Bisa hal itu bicara mengenai: makanan yang ingin dinikmati, kesukaanku harus segera terpuaskan, egoku yang harus kupenuhi hari ini, ds...dsb.... aku ingin ini dan itu!

Nah ketika kita berpuasa, maka hal itu tidak bicara penundaan waktu makan atau minum, membatasi diri terhadap keinginan makan dan minum, membatasi hawa nafsu kita saja, melainkan PUASA memberikan seluruh fokus kita kepada Tuhan, yang sangat mungkin ter'ABAI'kan, ter'SISIH'kan, semoga tidak ter'Buang' dari pikiran kita.

Dalam PUASA kita diarahkan (semoga tidak sekedar di'PAKSA'kan) untuk memikirkan apa yang Tuhan suka untuk kita kerjakan, Apa yang Tuhan benci agar kita tidak lakukan...dsb...dsb Intinya memberikan seluruh perhatian kita sepanjang hari itu untuk selalu memikirkan, merenungkan dan refleksi akan siapa Allah dan siapa saya!

Selamat beraktifitas!

No comments: