Tuesday, April 30, 2013

Pergumulan Seorang Pelayan Tuhan


Lukas 10:38-42

Kebutuhan seorang pelayan Tuhan adalah kesiapan hati untuk menyambut Yesus setiap saat dan kesempatan. Hal ini tidak mudah, terlebih tersitanya perhatian setiap orang oleh rutinitas dan berbagai kesibukan. Pergumulannya bukanlah melawan dosa, kesulitan hidup. TeTapI melawan keASYIKan 'MELAYANI' Yesus, sampai Saudara sendiri tidak siap merasakan kehadiran Tuhan atau menghadap Tuhan setiap saat. Tidak sedikit peLAYAN Tuhan bukan ragu akan masalah keselamatan, keyakinan doktrin itu benar atau salah, atau berguna/tidaknya hidupku untuk-Nya, tetapi kebutuhan untuk setiap saat mengHADAP Dia [bersekutu, berdoa, berteduh, berpuasa].

Marta sedang asyik dengan pelayanannya, dia tidak siap menyambut kehadiran Yesus. Ketidaksiapan itu nampak dengan kejengkelannya pada Maria yang tidak membantu ‘pelayanan’nya untuk menjamu Tuhan Yesus (ayat 40b). Berbanding terbalik dengan Maria yang sangat menikmat kehadiran Yesus, dengan sangat antusias menyimak segala perkataan-Nya. Yesus menegur Marta yang sibuk dengan perkara-perkara yang seharusnya bisa ditunda. Sedangkan Maria telah memilih yang esensi. 

Apa yang dirasakan Marta dapat dimengerti dan dia merasa Tuhan Yesus tidak peduli dan mengasihi atas apa yang sudah dilakukannya. Tentu saja Allah PEDULI, namun Dia ingin Marta belajar satu-satunya pelayanan yang mendasar. 

Acapkali tidak sedikit orang yang sibuk dengan pelayanan rohani, berusaha memberikan yang terbaik bagi gereja namun sesungguhnya Tuhan LEBIH menginginkan umat-Nya meluangkan waktu bagi firman Tuhan. Jadi Maria telah memilih apa yang paling penting. Yesus mengingatkan bahwa tiada hala apa pun yang dapat menggantikan saat pribadi bersama Allah; tiada pengganti bagi hubungan dengan Kristus. 

Penyembahan bukan sekedar berbicara pada Tuhan. PElayanan bukan kesibukan yang di'atasnama'kan Tuhan, Tetapi juga saat-saat mendengar apa yang Dia inginkan bagi Saudara.

1 comment:

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)